HARI KE 1 PEMBINAAN TOKKATSU

Hari Pertama Pembinaan Tokkatsu di SD Al Azhar 10 Serang: Membangun Pembelajaran Sosial dan Emosional

Serang, 3 Juni 2024 – SD Al Azhar 10 Serang menggelar hari pertama pembinaan Tokkatsu yang direncanakan berlangsung selama sepekan. Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan metode Tokkatsu, yang berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa.

Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh semua guru wali kelas 1 dan 2, dengan harapan mereka dapat mengintegrasikan prinsip-prinsip Tokkatsu dalam proses pembelajaran sehari-hari. Pada hari pertama ini, acara berlangsung lancar dan mendapat sambutan positif dari para peserta.

Materi Pembinaan: Pengembangan Tokkatsu Berbasis Pembelajaran Sosial dan Emosional

Pa Tatang Suratno, seorang dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, bertindak sebagai pemateri utama. Beliau menjelaskan tentang “Pengembangan Tokkatsu Berbasis Pembelajaran Sosial dan Emosional.” Materi ini menekankan pentingnya membangun lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa, sehingga mereka tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki karakter dan keterampilan sosial yang baik.

Rangkaian Kegiatan Hari Pertama

Pelatihan dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan pembukaan resmi oleh kepala sekolah SD Al Azhar 10 Serang. Setelah itu, Pa Tatang memulai sesi pertama dengan pengenalan tentang Tokkatsu dan pentingnya pembelajaran sosial dan emosional dalam konteks pendidikan modern.

Para peserta kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait metode pengajaran yang mereka gunakan. Diskusi ini diikuti dengan presentasi dari masing-masing kelompok tentang bagaimana mereka dapat menerapkan prinsip-prinsip Tokkatsu di kelas mereka.

Sesi terakhir diisi dengan simulasi kegiatan Tokkatsu, di mana para guru diajak untuk melakukan beberapa aktivitas yang dapat diterapkan di kelas. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran praktis tentang penerapan metode Tokkatsu dalam situasi belajar mengajar yang sebenarnya.

Antusiasme dan Harapan Peserta

Antusiasme terlihat dari wajah-wajah para guru yang bersemangat mengikuti setiap sesi. Ibu Nunung, salah satu guru wali kelas 1, mengungkapkan kegembiraannya, “Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan membuka wawasan kami tentang pentingnya pembelajaran sosial dan emosional. Kami berharap dapat menerapkan ilmu yang kami dapatkan hari ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa.”

Penutupan Hari Pertama

Pembinaan hari pertama ditutup pada pukul 14.30 WIB dengan refleksi dan tanya jawab. Pa Tatang menekankan pentingnya konsistensi dan komitmen dalam menerapkan metode Tokkatsu. “Perubahan tidak terjadi dalam semalam, tetapi dengan kesabaran dan dedikasi, kita dapat melihat hasil yang positif dalam perkembangan siswa,” ujarnya.

Harapan Kedepan

Dengan dimulainya pembinaan ini, SD Al Azhar 10 Serang berharap dapat menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter kuat dan memiliki keterampilan sosial yang baik. Kepala sekolah menambahkan, “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini dan pembinaan Tokkatsu ini adalah salah satu langkah nyata menuju ke arah itu.”

Pembinaan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi para guru untuk terus belajar dan berinovasi dalam mengajar, sehingga dapat memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswa mereka.


Discover more from ALAZHAR SERANG

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux