Pembinaan Tokkatsu Hari Ke-4

Serang, 6 Juni 2024 – Pembinaan Tokkatsu di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Al Azhar (YPI Al Azhar) berlanjut ke hari keempat, kali ini diadakan di SMP Islam Al Azhar 11 Serang. Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 hingga 15.00 WIB ini berlangsung di ruang AVA SMP Islam Al Azhar 11 Serang dan dihadiri oleh seluruh guru SMP Islam Al Azhar 11 Serang. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Sekolah Bapak Mad Yusuf, M.Pd., dan Kepala Direktorat Pendidikan YPI-MS, Bapak H. Sudibyo, M.Pd.

Materi Pembinaan: Pembelajaran Tokkatsu PSE

Pemateri utama, Bapak Tatang Suratno, menyampaikan materi tentang “Pembelajaran Tokkatsu Berbasis Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE)”. Dalam sesi ini, Bapak Tatang menekankan pentingnya pembelajaran yang mengintegrasikan aspek sosial dan emosional dalam kurikulum pendidikan. Metode Tokkatsu, yang berfokus pada kegiatan kelas dan sekolah, dinilai efektif untuk mengembangkan karakter serta keterampilan sosial dan emosional siswa.

Kegiatan Guru: Penyusunan Kurikulum

Salah satu kegiatan utama dalam pembinaan ini adalah pembuatan kurikulum untuk satu semester. Fokus utama kurikulum ini adalah mengajak kepedulian orang tua dalam mengontrol hasil belajar dan kegiatan anak. Para guru diajak untuk merancang program dan kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif dari orang tua, dengan tujuan memperkuat komunikasi antara sekolah dan keluarga serta mendukung perkembangan holistik siswa.

Diskusi dan Kolaborasi

Para guru bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan dan menyusun rancangan kurikulum yang integratif dan inklusif. Diskusi ini mencakup:

  • Strategi Melibatkan Orang Tua: Guru merancang berbagai metode untuk melibatkan orang tua, seperti rapat rutin, laporan perkembangan siswa, dan kegiatan bersama yang melibatkan keluarga.
  • Kegiatan Berbasis Tokkatsu: Guru merancang kegiatan sehari-hari yang tidak hanya fokus pada akademik tetapi juga pada pengembangan karakter, seperti proyek kelompok, kegiatan sosial, dan aktivitas yang mempromosikan empati dan kerjasama.

Presentasi Hasil Diskusi

Setiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan seluruh peserta. Presentasi ini mendapat tanggapan dan masukan dari Bapak Tatang serta peserta lainnya, yang sangat membantu dalam menyempurnakan rancangan kurikulum yang dibuat.

Refleksi dan Penutupan

Acara diakhiri dengan sesi refleksi, di mana para guru berbagi pengalaman dan pandangan mereka mengenai pembinaan hari ini. Banyak yang merasa bahwa pembinaan ini sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru tentang cara mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional dalam kegiatan sehari-hari di kelas.

Kepala Sekolah, Bapak Mad Yusuf, M.Pd., menyampaikan apresiasinya kepada Bapak Tatang Suratno dan seluruh peserta. Beliau menekankan pentingnya komitmen dalam menerapkan metode Tokkatsu dan mengajak para guru untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter siswa.

Harapan Kedepan

Dengan selesainya hari keempat pembinaan, para guru di SMP Islam Al Azhar 11 Serang diharapkan semakin siap untuk menerapkan metode Tokkatsu dalam pembelajaran mereka. Pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan generasi siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan keterampilan sosial yang baik.

Kegiatan pembinaan Tokkatsu akan berlanjut hingga akhir pekan, dengan berbagai topik dan aktivitas yang dirancang untuk memperkuat kemampuan para guru dalam menerapkan metode ini di sekolah.


Discover more from ALAZHAR SERANG

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux