Pelaksanaan Munaqosyah Tilawati SD Islam Al Azhar 10 Serang (6-8 Juni 2024)

SD Islam Al Azhar 10 Serang telah menyelenggarakan Munaqosyah Tilawati yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 6 hingga 8 Juni. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pendidikan Al-Qur’an di sekolah bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan membaca Al-Qur’an murid dengan benar sesuai tajwid dan makhraj. Munaqosyah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas bacaan dan pemahaman murid terhadap Al-Qur’an.

Persiapan Ujian

Sebelum ujian dilaksanakan, para murid telah menjalani persiapan yang intensif di bawah bimbingan guru-guru mereka. Persiapan meliputi latihan membaca Al-Qur’an dengan fokus pada tajwid, makhraj, serta kelancaran nada dan kefasihan bacaan. Para guru juga memberikan motivasi dan dukungan agar murid dapat optimal dalam melaksanakan munaqosyah.

Pelaksanaan Munaqosyah

Munaqosyah Tilawati dilaksanakan di ruang kelas yang telah diatur khusus untuk kegiatan ini. Pelaksanaan munaqosyah tersebut diikuti oleh seluruh murid yang sudah Al-Qur’an, tilawati jilid 5, 4, 3, 2 dan 1.

Evaluasi dan Penilaian

Setelah sesi ujian, para penguji memberikan penilaian dan umpan balik kepada setiap murid. Penilaian meliputi beberapa aspek:

  • Tajwid: Ketepatan dalam melafalkan huruf sesuai dengan kaidah tajwid.
  • Makhraj: Kebenaran dalam mengeluarkan huruf dari tempat keluarnya (makhraj).
  • Kefasihan nada: Kelancaran dan kefasihan dalam membaca ayat-ayat Al-Qur’an serta nada.
  • Kepercayaan Diri: Kemampuan siswa dalam membaca dengan lantang dan percaya diri.

Hasil dan Penghargaan

Pada akhir kegiatan, hasil munaqosyah nantinya akan di lampirkan pada masing-masing rapor murid SD Islam Al Azhar 10 Serang. Selain itu, hasil yang diperoleh nantinya dapat menjadi evaluasi setiap murid supaya berproses menjadi lebih baik lagi.

Kesimpulan

Munaqosyah Tilawati di SD Islam Al Azhar 10 Serang merupakan salah satu langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur’an. Dengan pelaksanaan yang terstruktur selama tiga hari, kegiatan ini berhasil mengevaluasi dan memotivasi murid untuk terus meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka. Diharapkan, melalui ujian ini, para murid tidak hanya menjadi lebih mahir dalam membaca Al-Qur’an tetapi juga semakin mencintai dan memahami kitab suci mereka sebagai pedoman hidup.


Discover more from ALAZHAR SERANG

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux