Shalat Ied di Perguruan Al Azhar Serang, Dr Syamsudin: Perbedaan Itu Sunatullah, Bukan untuk Diperdebatkan

SERANG, RADARBANTEN.CO.ID — Perbedaan itu adalah sunatullah. Bukan untuk diperdebatkan. Yang utama, kita sebagai umat muslim wajib menjaga keutuhan umat untuk membangun masyarakat dan bangsa agar semakin kokoh. 

Hal itu ditegaskan khatib Shalat Idul Fitri 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi Dr Syamsudin di lapangan Perguruan Al Azhar, Kaujon, Kota Serang, Jumat, 21 April 2023.

Syamsudin menandaskan bahwa hal terpenting yang diperlukan bangsa saat ini adalah menjaga semangat keutuhan umat Islam. 

Ketua Umum Pengurus Wilayah Muhammadiyah Banten ini, minta umat Islam untuk mewaspadai arus politik yang memanas terkait perbedaan penentuan hari raya Idul Fitri Tahun 2023. 

Menurut Syamsudin, perbedaan bagi umat muslim sesuatu hal biasa, sepanjang dimaknai sebagai khasanah untuk menguatkan umat.

“Lha ini perbedaan malah dipersoalkan. Kita tidak ingin diinjak-injak. Kita harus bersatu untuk memajukan agama,” tegas Syamsudin.

Syamsudin prihatin ternyata bangsa ini masih nenyimpan persoalan yang disebabkan oleh: 

– Lemahnya ilmu umat. Kalau pemahaman terhadap ilmu masih lemah, umat tidak akan bisa memahami perbedaan dengan arif.

– Fanatisme golongan.

– Menggeser pemahaman kelompok lain dengan paham lainnya. 

– Lemah akhlak.

Menurut Syamsudin, orang yang makin berilmu, sikap dan tindakannya akan semakin arif. Bukan malah melihat perbedaan sebagai hal yang harus diperdebatkan. 

Syamsudin menambahkan terdapat tiga pilar untuk membangun umat yang kuat dan kokoh, yaitu.

1. Bangun tembok keluarga. Kekuatan umat harus dimulai dari keluarga. 

2. Bangun masjid. Masjid merupakan fasilitas untuk menyatukan umat. 

3. Lembaga Pendidikan. Fungsi lembaga pendidikan bukan hanya untuk menghasilkan lulusan, kemudian mencari pekerjaan. Akan tetapi harus menghasilkan lulusan yang benar-benar memahami ilmu, sehingga bisa melihat perbedaan sebagai suatu berkah.

Sebagaimana diketahui, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi jatuh pada Jumat, 21 April 2023 hari ini.

Sementara itu, Pemerintah melalui sidang isbath menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. 

Sehingga, Jumat, 21 April ini sebagian umat Islam telah melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriyah di sekitar tempat tinggalnya.

Untuk Kota Serang, shalat Idul Fitri digelar di berbagai lokasi. Salah salah di Perguruan Al Azhar, Kaujon, Kota Serang atau di Masjid Jami’ Syubban. 

Sejak pukul 06.00 WIB, umat Islam dari berbagai sudut Kota Serang mulai memadati lapangan SMP Islam Al Azhar, Perguruan Muhammadiyah. 

Lapangan berukuran cukup besar penuh dengan ribuan warga. Bahkan beberapa kali petugas meminta jemaah untuk merapatkan barisan agar jemaah lainnya mendapat tempat. 

Penulis/Editor: M Widodo


Discover more from ALAZHAR SERANG

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux