Pembinaan Tokkatsu Hari ke-3

Pembinaan Tokkatsu wali kelas 5 dan 6

### Pembinaan Tokkatsu Hari Ketiga di SD Al Azhar 10 Serang

**Serang, 5 Juni 2024** – Pembinaan Tokkatsu di SD Islam Al Azhar 10 Serang terus berlanjut dengan penuh semangat pada hari ketiga. Kegiatan ini diikuti oleh para guru wali kelas 5 dan 6, yaitu Devi Khairul Hidayati, M.Pd., Dasep Suratman, S.Pd., Dandi Lugas Priadi, S.Pd., Yeni Asniar, R.S.Pd., Yuyun Yunita, S.Pd., Jumanta, M.Pd.I., dan Saifullah, M.Pd. Acara juga dihadiri oleh Ketua Direktorat Pendidikan YPI-MS, Bapak H. Sudibyo, M.Pd. Pembinaan dimulai pukul 11.00 hingga 15.00 WIB di ruang PSB SD Islam Al Azhar 10 Serang dengan pemateri Bapak Tatang Suratno. Pada kesempatan ini, materi yang dibahas adalah “Pembelajaran Tokkatsu PSE” khususnya persiapan pembelajaran kolaborasi dengan adab tenggang rasa. Sayangnya, salah satu wali kelas, Omn Sudrajat, tidak dapat hadir karena sakit.

#### **Fokus Hari Ketiga: Kolaborasi dan Tenggang Rasa dalam Pembelajaran Tokkatsu PSE**

Pada hari ketiga ini, pembinaan difokuskan pada aspek kolaborasi dan adab tenggang rasa dalam pembelajaran Tokkatsu berbasis Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE). Bapak Tatang Suratno memulai sesi dengan menjelaskan pentingnya kolaborasi di antara siswa serta bagaimana adab tenggang rasa dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari di kelas.

**Sesi Teori dan Diskusi**

Kegiatan diawali dengan sesi teori yang mencakup:

1. **Definisi dan Pentingnya Kolaborasi**: Bapak Tatang menjelaskan bahwa kolaborasi adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak dini. Kolaborasi membantu siswa belajar bekerja sama, saling menghargai, dan mencapai tujuan bersama.

2. **Adab Tenggang Rasa**: Adab tenggang rasa mengajarkan siswa untuk bersikap sabar, memahami perasaan orang lain, dan bersikap sopan dalam berinteraksi.

Setelah sesi teori, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi dan merancang kegiatan yang dapat mengintegrasikan kolaborasi dan adab tenggang rasa. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat skenario kegiatan yang dapat diterapkan di kelas mereka.

**Praktik dan Presentasi**

Kelompok-kelompok tersebut kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka. Beberapa rencana kegiatan yang dipresentasikan meliputi:

– **Kelompok Devi Khairul Hidayati** merancang “Proyek Kelas Bersama”, di mana siswa bekerja sama dalam proyek sains yang melibatkan penelitian, pembuatan laporan, dan presentasi.

– **Kelompok Dandi Lugas Priadi** menyusun “Hari Adab”, di mana setiap siswa berlatih dan menunjukkan sikap tenggang rasa melalui berbagai aktivitas interaktif dan permainan yang mengajarkan nilai-nilai kesopanan dan empati.

Bapak Tatang memberikan feedback konstruktif kepada setiap kelompok, menekankan pentingnya evaluasi dan refleksi rutin untuk memastikan kegiatan yang dirancang benar-benar efektif dalam mengajarkan nilai-nilai kolaborasi dan tenggang rasa.

**Refleksi dan Penutupan**

Kegiatan di hari ketiga ditutup dengan sesi refleksi. Para peserta berbagi pengalaman mereka dan menyampaikan betapa bermanfaatnya pelatihan ini bagi mereka. Banyak dari mereka merasa mendapatkan inspirasi baru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Ketua Direktorat Pendidikan YPI-MS, Bapak H. Sudibyo, M.Pd., menyampaikan apresiasinya kepada Bapak Tatang Suratno dan seluruh peserta. Beliau menekankan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter siswa. “Kami berharap semua guru dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan mendukung perkembangan karakter siswa,” ujarnya.

#### **Harapan Kedepan**

Dengan berakhirnya hari ketiga pembinaan, para guru di SD Al Azhar 10 Serang diharapkan semakin siap untuk menerapkan metode Tokkatsu dalam kegiatan pembelajaran mereka. Pembinaan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya fokus pada aspek akademik tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa.

Kegiatan pembinaan Tokkatsu akan berlanjut hingga akhir pekan, dengan berbagai topik dan kegiatan yang dirancang untuk memperkuat kemampuan para guru dalam menerapkan metode ini di sekolah.

usp=drive_linkhttps://drive.google.com/file/d/1Rjxsa5YywZ0w3moZWYWRCeqEYXbwJn5t/view?usp=drive_link


Discover more from ALAZHAR SERANG

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux