Pembinaan Tokkatsu Hari Ke-5

Pembinaan Tokkatsu Hari Keempat di SD Islam Al Azhar 10 Serang

Serang, 6 Juni 2024 – SD Islam Al Azhar 10 Serang melanjutkan rangkaian pembinaan Tokkatsu dengan semangat tinggi pada hari keempat. Pembinaan kali ini diikuti oleh seluruh guru bidang di SD Islam Al Azhar 10 Serang dan bertempat di Aula SD. Kegiatan dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Fokus Hari Keempat: Pembuatan Kurikulum Pembelajaran Tokkatsu PSE

Materi utama yang dibahas pada hari keempat adalah pembuatan kurikulum pembelajaran Tokkatsu berbasis Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE). Tokkatsu, yang merupakan metode pendidikan dari Jepang, berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa melalui kegiatan sehari-hari di sekolah.

Pembahasan Materi

Pemateri utama, Bapak Tatang Suratno, memulai sesi dengan penjelasan mendalam tentang prinsip-prinsip dasar Tokkatsu dan bagaimana metode ini dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum berbasis PSE. Beberapa poin penting yang dibahas meliputi:

  • Pentingnya PSE dalam Pendidikan: Mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa agar mereka mampu berinteraksi dengan baik di masyarakat.
  • Implementasi Tokkatsu dalam Kurikulum: Cara mengintegrasikan kegiatan Tokkatsu seperti kelas kebersihan, kegiatan kelompok, dan proyek sosial ke dalam kurikulum sekolah.

Kegiatan Guru: Penyusunan Kurikulum

Para guru kemudian dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan dan merancang kurikulum yang mengintegrasikan metode Tokkatsu. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat rencana kegiatan yang mencakup:

  • Kegiatan Harian: Aktivitas rutin yang dapat membantu siswa mengembangkan disiplin dan tanggung jawab.
  • Proyek Kelompok: Kegiatan kolaboratif yang mendorong siswa untuk bekerja sama dan saling menghargai.
  • Evaluasi dan Refleksi: Metode untuk menilai perkembangan sosial dan emosional siswa serta memberikan umpan balik yang konstruktif.

Presentasi dan Diskusi

Setelah berdiskusi, setiap kelompok mempresentasikan hasil rancangan mereka. Presentasi ini disambut dengan diskusi interaktif di mana para peserta saling memberikan masukan dan saran untuk menyempurnakan rencana kurikulum yang dibuat. Bapak Tatang Suratno memberikan penekanan pada pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam implementasi kurikulum ini.

Kehadiran Pimpinan Sekolah

Acara pembinaan ini dihadiri oleh:

  • Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 10 Serang, Bapak Mad Yusuf, M.Pd.
  • Kepala Direktorat Pendidikan YPI-MS, Bapak H. Sudibyo, M.Pd.
  • Staf Bagian Kurikulum, yang memberikan dukungan penuh dalam proses penyusunan kurikulum.

Kehadiran para pimpinan sekolah dan staf bagian kurikulum memberikan motivasi tambahan bagi para guru untuk serius dan bersemangat dalam mengikuti pembinaan ini.

Harapan dan Penutupan

Pada akhir acara, Kepala Sekolah Bapak Mad Yusuf, M.Pd., menyampaikan apresiasi kepada para guru dan pemateri. Beliau berharap bahwa pembinaan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SD Islam Al Azhar 10 Serang dan membantu para guru dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih baik dan bermakna bagi siswa.

Bapak H. Sudibyo, M.Pd., menambahkan bahwa integrasi PSE melalui metode Tokkatsu merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan inklusif. Beliau mengajak seluruh guru untuk terus berinovasi dan bekerja sama dalam menerapkan kurikulum yang telah disusun.

Dengan berakhirnya hari keempat pembinaan, para guru di SD Islam Al Azhar 10 Serang diharapkan semakin siap untuk menerapkan metode Tokkatsu dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, sehingga dapat menciptakan generasi siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan keterampilan sosial yang baik. Pembinaan Tokkatsu akan terus berlanjut dengan topik-topik menarik lainnya untuk memperkuat kemampuan para guru dalam menjalankan tugas mereka.


Discover more from ALAZHAR SERANG

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button
Search
Home
Account
Cart
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux